More About Me...

Hi.....


Im just a simple guy.
im very interesting in computer
blablablabala...
thats all wkakakakka
My name is Albert C. Wijaya
Im now 21 years old

Mari Belajar Bersama.....

Situs bagi para pecinta seluk beluk mengenai komputer

E-Campus (Tugas E-Technology )

Disusun Oleh :
Albert C (51006001)
Michael W (51006031)
Stefanus (51006043)


Bab I
PENGANTAR


I. Defenisi
Dunia pendidikan dewasa ini sangat penting di mana masyarakat dituntut untuk lebih selektif dalam memilih perguruan tinggi yang paling baik untuk kemajuan dirinya sendiri. Melihat masalah seperti ini maka kami ingin membuat suatu sistem yang bernama E-Campus,dimana E-Campus ini merupakan sistem yang dapat membantu masyarakat dalam menentukan pilihan di perguruan tinggi, disini termasuk pendaftaran dan pembayaran, serta yang lebih di fokuskan adalah dalam menyiapkan tegana ahli dan memberikan lapangan pekerjaan kepada meraka sesuai dengan keahlian mereka masing-masing..


II. Tujuan
Sistem E-Campus ini memiliki tujuan utama yaitu membantu masyarakat untuk memilih perguruan tinggi untuk kemajuan dirinya sendiri serta menyiapkan tenga ahli yang siap untuk di terjunkan ke perusahaan-perusahaan sesuai dengan jurusan atau bidang keahliannya masing-masing.

III. Visi
E-Campus ini juga memiliki visi. Visi dari E-Campus ini adalah sangat diharapkan agar pada masa yang akan datang atau kedepannya mahasiswa dari kampus kami memiliki pekerjaan dan masa depan terjamin.


BAB 2
TULISAN / PENELITIAN YANG TERKAIT

I. Penelitian Terkait

Seperti yang dilakukan oleh Johan Setiawan, dosen Universitas Bina Nusantara (Binus) yang memanfaatkan fasilitas otoresponder sebagai media untuk mengirimkan bahan atau materi kuliah "off class" bagi para mahasiswanya. Sejak Binus mencanangkan sebagai Kampus Maya (e-Kampus), setiap mahasiswanya bisa mendapatkan materi kuliahnya melalui portal Binus. Tentu saja dengan memasukan user Id dan Password.

Kecenderungan penurunan jumlah mahasiswa pada suatu perguruan tinggi merupakan fenomena yang umumnya terjadi pada dunia pendidikan nasional dewasa ini. Dalam upaya meningkatkan kembali jumlah mahasiswa, sedang dilakukan beberapa langkah untuk memperbaiki citranya, seperti perbaikan internal yang berhubungan dengan peningkatan pelayanan dan pelaksanaan administrasi akademik melalui program e-campus, kuantitas dan mutu lulusan. (Indrawadi, S.Pi)

II. Fokus E-Campus.

Yang membedakan antara fokus E-Campus yang kami akan rancang dengan penelitian-penelitian yang lainnya ialah pada E-Campus yang kami buat lebih menfokuskan pada masa depan para mahasiswa setelah mereka lulus, meskipun E-Campus yang kami buat lebih fokus pada masa depan mahasiswa, tapi kami masih tetap melihat mutu dari tiap mahasiswa yang akan diterjunkan ke perusahaan-perusahaan.


BAB 3
TEKNOLOGI SAAT INI

I. Ketersediaan Teknologi
Perbedaan antara teknologi E-Campus yang kami buat dengan penelitian-penelitian yang kami tulis pada bab 2 adalah pada media internet yang digunakan, seperti pada Binus (Bina Nusanatara) menggunakan media internet sebagai tempat pembelajaran di dunia maya (E-Learning) sehingga para mahasiswa di kampus tersebut dapat mengambil materi perkuliahan lewat luar kampus.
Sementara penelitian pada Univesitas Bung Hatta menggunakan media internet untuk meningkatkan pelayanan dan pelaksanaan administrasi akademik dalam upaya meningkatkan kembali jumlah mahasiswa.
Berbeda dengan teknologi E-Campus yang kami rancang, pada E-Campus yang kami rancang media internet digunakan untuk membantu lulusan mahasiswa agar mendapat pekerjaan setelah mereka lulus nanti serta menjadi media komunikasi antara kampus dengan pihak perusahaan yang diajak bekerjasama.

II. Ketersediaan Perangkat

Ada beberapa perangkat-perangkat yang dapat digunakan untuk mendukung teknologi dari E-Campus yang kami kembangkan saat ini. Mengingat lajur perkembangan teknologi (IT) yang berkembang dengan sangat pesat, maka kami memanfaatkan perangkat seperti koneksi Internet yang bisa menghubungkan secara on-line. Koneksi internet ini menggunakan perangkat pendukung seperti modem, sebuah server yang nantinya akan terhubung ke dalam database yang biasa disebut dengan sistem Campus, dan akan dibuat E-Technology dari alur kegiatan sistem kami itu.

III.Ketersediaan info Pendukung

Untuk saat ini ketersediaan info pendukung mengenai E-Campus yang kami teliti masih kurang banyak. Rata-rata sistem E-campus yang telah ada sampai saat ini lebih difokuskan pada proses pembelajaran dan pelayanan administrasi kampus, seperti pelayanan pendaftaran, dan proses pembelajaran seperti e-learning
Oleh karena ketersediaan info yang masih sangat terbatas mengenai sistem E-Campus yang fokusnya pada pencarian lapangan kerja bagi para mahasiswa, maka saat ini kami masih berusaha untuk mencari informasi-informasi pendukung yang dapat menunjang kami dalam proses pengembangan sistem E-Campus kami ini.


Bab4
APLIKASI YANG TERSEDIA

Dalam membangun E-Campus, kami memanfaatkan beberapa aplikasi-aplikasi yang ada antara lain:

Adobe Dreamweaver CS4 (Dreamweaver CS3 Stiletto)
Aplikasi ini digunakan untuk merancang website baik untuk antar muka (interface) maupun penggunaan logika di dalamnya (Scripting program) untuk pengendalian website.

PHP MyAdmin 2.11.4 dan mySQL
Aplikasi database dan SQL

Apache
Aplikasi webserver

Dengan penggunaan aplikasi di atas, maka kami dengan mudah mengimplementasikan E-Campus kami di masyarakat sebab E-Campus yang kami buat dapat di jangkau oleh semua orang di segala daerah.

Menurut kelomok kami, focus e-campus kami dapat diimplementasikan dalam kehidupan masyarakat, karena seperti yang kita lihat pada saat ini masih banyak lulusan sarjana yang masih pengganguran, karena itu kami sangat antusias bahwa e-campus kami ini dapat berjalan dan sangat diterima dalam masyarakat. Sebab E-Campus yang kami buat bertujuan untuk memberikan pekerjaan kepada para mahasiswa , sehingga dapat mengurangi potensi terjadinya pengangguran.


Bab 5
INFORMASI SECARA GLOBAL

Gambaran dari E-campus yang akan kami buat adalah dimana pihak kampus melakukan proses kerja sama dengan pihak perusahaan, agar lulusan dari kampus dapat memperoleh pekerjaan sesuai dengan bidangnya masing-masing, sehingga dapat mengurangi tingkat pengangguran. Disini kami akan menerima inputan atau masukan dari mahasiswa yg bersangkutan akan bidang pekerjaan yang diminati serta perusahaan yang ingin dimasuki, selanjutnya kami akan meneruskan informasi ke perusahaan-perusahaan tersebut sesuai dengan data inputan yang telah diterima, sebagai catatan perusahaan-perusahaan yang dapat dipilih oleh mahasiswa merupakan perusahaan yang telah diseleksi oleh pihak kampus.

Untuk pengembangan mengenai penambahan alat (device) akan kita lihat ke depannya apakah ada device yang perlu ditambahkan atau tidak, karena penambahan device tersebut harus disesuai kan dengan kebutuhan kampus jika tidak butuh dan ditambahkan, maka akan menjadi sia-sia atau pemborosan dan juga kami akan melakukan pengembangan mengenai lapangan pekerjaan yaitu penambahan kerja sama dengan pihak perusahaan agar semakin banyak kesempatan kerja bagi para mahasiswa.

0 komentar:

Posting Komentar